Kamis, 20 Januari 2022

Tips Menulis Artikel Part 1# 8 Point Penting Dalam Menulis Artikel yang Harus Diperhatikan



Berbagi pengalaman dalam menulis artikel. Diakui bahwa menulis artikel ilmiah merupakan tantangan akademisi di seluruh dunia. Akademisi tentunya termasuk mahasiswa. Tantangan tersebut ditambah lagi dengan bagaimana mengupayakan artikel tersebut bisa terbit di jurnal ilmiah.

Belajar dari pengalaman, motivasi merupakan hal yang paling utama. Mahasiswa perlu mendapat motivasi bahwa penulisan karya ilmiah bukanlah bakat bawaan, melainkan keterampilan yang harus dilatih. Melalui latihan pasti semua mahasiswa bisa menulis artikel ilmiah.

Nanti mahasiswa harus menyelesaikan tugas akhir penulisan karya ilmiah. Tugas akhir merupakan karya monumental sebagai syarat meraih gelar sarjana. Latihan penulisan karya ilmiah menjadi hal yang mesti ditempuh dalam rangka menyiapkan mahasiswa terlatih bagi kelancaran penulisan tugas akhir

Artikel ilmiah adalah karya tulis yang menyajikan fakta-fakta umum dan ditulis menurut metodologi penulisan yang baik dan benar. Artikel ilmiah dapat berupa berupa artikel asli, mini review, review, dan short communication /notes/ komentar. Secara umum karya tulis ilmiah memiliki struktur yang terdiri dari judul artikel, nama penulis dan alamat email, abstrak, pendahuluan, data, metode penulisan/penelitian, kesimpulan, pembahasan, kesimpulan, dan referensi.

8 Point Penting Dalam Menulis Artikel yang Harus Diperhatikan

1. Judul Artikel; 

Judul ini seharusnya menarik dan bersifat provokatif. Pada bagian judul sebaiknya menggambarkan sebuah isi atau temuan yang akan dibahas, tidak berupa singkatan dan tanpa nama objek atau lokasi tempat penelitian penelitian yang dilakukan.

2. Abstrak (Ringkasan Penelitian); 

Intisari merupakan ikhtisar dan merupakan urain singkat yang memuat permasalahan, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan. lntisari dibuat  untuk memudahkan pembaca  mengerti  secara  cepat  isi  artikel  untuk  memutuskan apakah  perlu  membaca lebih  lanjut  atau  tidak.  Permasalahan dan  tujuan  disajikan  dalam pengantar,  metode dijelaskan dari  jalan  penelitian, hasil  penelitian, dan  kesimpulan. Karena itu intisari umumnya  terdiri  atas  satu  alinea dan  panjangnya  tidak  lebih  dari  1  (satu)  halaman  (200 karakter) dan diketik 1 (satu) spasi. Intisari ditulis dalam 2 bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

3. Keyword (Kata Kunci)

Keyword atau kata kunci merupakan hal yang penting dalam pembuatan artikel ilmiah. Konsep ini berupa kata atau frasa, disusun dari spesifik ke umum. Keyword atau kata kunci merupakan kata-kata penting dalam penelitian/artikel. Dalam keywords atau kata kunci tidak harus termuat dalam judul dan dalam abstrak.

4. Pendahuluan

Pendahuluan diharapkan dapat menarik perhatian dan meyakinkan pembaca akan pentingnya penelitian. Bagian ini berisi informasi latar belakang masalah yang diteliti, tinjauan pustaka sebagai dasar literature melakukan penelitian, dan pendahuluhan semestinya bersifat objektif.

5. Metode Penelitian

Pada bagian medote penelitian ini, penulis harus menonjolkan bagaimana cara menganalisis data yang diteliti bukan hanya cara mengumpulkan data. Metode penelitian mengandung uraian tentang bahan atau materi penelitian, alat, jalannya penelitian, variabel, data yang akan dikumpulkan, dan analisis hasil.

6. Hasil dan Pembahasan

Hasil dan pembahasan berisi argumentasi yang kuat, ketajaman analisis, sajian data yang mendukung pembahasan, dan perbandingan kritis dengan penelitian lain.

7. Simpulan

Simpulan ini harus menjawab tujuan penelitian dan memperkuat hasil penelitan tanpa adanya pembahasan yang baru. Serta simpulan juga berisi implikasi penelitian untuk mengetahui manfaat yang telah dihasilkan dengan melakukan penelitian tersebut.

8. Daftar Pustaka

Daftar pustaka pada artikel ilmiah biasanya menggunakan references manager seperti Mendeley, Zotero dan lain lain. Daftar pustaka hanya memuat pustaka atau referensi yang digunakan dalam penyusunan artikel ilmiah saja. Tidak perlu sama dengan daftar pustaka atau referensi yang terdapat dalam laporan penelitian ilmiah. Penulisan  daftar  pustaka  mengkuti  sistem  Harvard  dan  di  urutkan  sesuai  dengan  urutan abjad nama  akhir  penulis  pertama.  Perlu diperhatikan bahwa  daftar  pustaka  berisi  daftar buku teks atau artikel ilmiah/jurnal yang mendukung penelitian. 

Semoga Bermanfaat!!☺

0 komentar:

Posting Komentar