Selasa, 21 Juni 2022

Pertemuan Pertama, PKM Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bersama Mahasiswa STIT Ahlusunnah Bukittinggi


Kolaborasi Pengabdian Kepada Masyarakat antar Kampus IAI Sumatera Barat dengan STIT Ahlusunnah Bukittinggi telah menyelenggarakan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah dan Publikasi Karya Tulis Ilmiah Pada Jurnal Nasional diberikan khusus bagi Mahasiswa STIT Ahlusunnah Bukittinggi. Pelatihan ini diselenggarakan pada hari Kamis, 16 Juni dan hari Sabtu, 25 Juni 2022 di Gedung STIT Ahlusunnah Bukittinggi lantai 2, dan kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa perwakilan Program Studi Pendidikan Agama Islam dan Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam .

Pada pertemuan pertama pada hari kamis tanggal 16 Juni 2022, Pelatihan Karya Tulis Ilmiah tersebut diawali dengan Penandatanganan MOA oleh masing-masing kedua kampus dan dilanjutkan dengan pemberian cendramata berupa Buku dari Dosen-dosen IAI Sumatera Barat kepada Ketua STIT Ahlusunnah Bukittinggi. acara berikutnya Kata sambutan dari Ketua Pelaksana PKM dan Ketua STIT Ahslusunnah Bukittinggi serta berdoa bersama untuk kelancaran acara Pelatihan.

Selanjutnya masuk pada pembahasan materi mengenai Metodologi Penelitian Kualitatif, Metodologi Penelitian Kuantitatif (Eksprimen), Metodologi Penelitian Kuantitatif (PTK). Dimana Materi disampaikan oleh narasumber yang berbeda. Materi Metodologi Penelitian Kualitatif disampaikan Oleh Bapak Arif Ridha, M.Pd.I. Beliau saat ini tercatat sebagai Dosen Tetap di STIT Ahlusunnah Bukittinggi. Pada materi Metodologi Penelitian Kuantitatif (Eksprimen) disampaikan oleh Ibu Mega Adyna Movitaria, M.Pd. yang merupakan salah satu dosen tetap di IAI Sumbar, Pariaman. Dan Pemateri ketiga tentang Metodologi Penelitian Kuantitatif (PTK) pada pertemuan pertama disampaikan oleh Bapak Dr. M. Yemmardotillah, MA. Beliau merupakan salah satu Dosen tetap di STIT Ahlusunnah Bukttinggi.

Pelatihan diadakan dalam dua sesi untuk masing-masing pemateri. Sesi pertama yaitu pemaparan materi, dan sesi kedua ialah diskusi dengan peserta. Pada akhir sesi mahasiswa diberikan kuisioner untuk mengetahui pemahaman peserta tentang materi yang telah disampaikan.

Pada pertemuan kedua yang akan diadakan hari sabtu tanggal 25 Juni 2022 akan membahas materi mengenai Pembuatan Artikel Ilmiah oleh Ibu Dr. Yosi Aryanti, MA. Beliau merupakan Ketua STIT Ahlusunnah Bukittinggi. selanjutnya pemateri kedua membahas tentang Citasi dan Plagiasi oleh Ibu Melda Delvia, M.Pd. Beliau merupakan Dosen dari IAI Sumatera Barat. dan Materi ketiga membahas tentang Pengenalan Jurnal dan Submit Artikel yang akan di sampaikan oleh Bapak Edriagus Saputra, M.Ag. Beliau adalah Ketua Program Studi Ilmu Al Qur'an dan tafsir sekaligus Ketua Pengabdian Kepada Masyarakat pada kegiatan ini.

Dengan diadakannya Pelatihan Karya Tulis Ilmiah tersebut diharapkan mahasiswa dapat lebih mengetahui tentang karya tulis ilmiah, dan diharapkan mahasiswa dapat lebih termotivasi dan semangat lagi untuk menulis karya tulis ilmiah. Karena, karya tulis ilmiah sangat bermanfaat dan erat kaitannya baik untuk kegiatan akademik maupun non-akademik mahasiswa.


Dokumentasi


Penandatangan MOA antara kedua Lembaga yaitu IAI Sumatera Barat dan STIT Ahlusunnah Bukittinggi



Pemateri Pengabdian Kepada Masyarakat pada Kolaborasi antara IAI Sumatera Barat dan STIT Ahlusunnah Bukittinggi


Pemateri 1, Penyerahan Piagam Penghargaan kepada Bapak Arif Ridha, M.Pd.I. Oleh Ketua PKM, Bapak Edriagus Saputra, S.Th.I.,M.Ag


Pemateri 2, Penyerahan Piagam Penghargaan kepada Ibu Mega Adyna Movitaria,M.Pd Oleh Ketua STIT Ahlusunnah Bukittinggi, Ibu Dr. Yosi Aryanti, MA


Pemateri 3, Penyerahan Piagam Penghargaan kepada Bapak Dr. M. Yemmardotillah, MA. Oleh Ketua PKM, Bapak Edriagus Saputra, S.Th.I.,M.Ag







 


0 komentar:

Posting Komentar