Berikut RPP Self Efficacy menggunakan metode Realistic Mathematics Education pada Pembelajaran Matematika.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 4 : Berbagai Pekerjaan
Alokasi Waktu : (6 x 35 menit) 1 x Pertemuan
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3: Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4: Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Matematika
Kompetensi Dasar
3.9. Menjelaskan dan menentukan keliling dan luas persegi, persegi panjang, dan segitiga serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua
4.9. Menyelesaikan masalah berkaitan dengan keliling dan luas persegi, persegi panjang, dan segitiga termasuk melibatkan pangkat dua dengan akar pangkat dua
Indikator
3.9.1. Mengidentifikasi berbagai bangun datar persegi, persegi panjang dan segitiga.
3.9.2. Menganalisis cara menghitung keliling persegi
3.9.3. Menganalisis cara menghitung luas persegi
4.9.1. Menyelesaikan masalah berkaitan dengan persegi
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education, siswa. mampu mengidentifikasi berbagai bangun datar persegi, persegi panjang dan segitiga.
2. Dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education, siswa mampu menganalisis cara menghitung keliling persegi
3. Dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education, siswa mampu menganalisis cara menghitung luas persegi.
4. Dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education, siswa mampu menyelesaikan masalah berkaitan dengan persegi
D. MATERI PEMBELAJARAN
Bangun datar
E. METODE PEMBELAJARAN
Model : Realistics Mathematics Education
Metode : tanya jawab, penugasan dan ceramah
F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
Awal (15 menit)
|
1. Guru meminta ketua kelas untuk
menyiapkan dan memimpin doa.
2. Guru mengecek kehadiran siswa.
3. Menyiapkan kondisi fisik antara
lain buku pelajaran, alat peraga, Lembar Kerja Siswa (LKS)
4. Menyiapkan kondisi psikis siswa
untuk mengikuti proses pembelajaran dengan menyampaikan salam “
Assalamu’alaikum wr.wb atau selamat pagi anak-anak, mata pelajaran kali ini
apa anak anak? (matematika)”.
5. Apersepsi: “Anak-anak, coba sebutkan, bentuk
bangun apa jendela sekolah kita?coba sebutkan benda lainnya yang ada di
sekeliling kita?”
6. Guru menjelaskan tujuan
pembelajaran yang akan di capai dan langkah kegiatan belajar yang dilakukan
siswa.
7. Orientasi:
Guru menyampaikan tujuan dan kompetensi dasar yang akan dicapai serta
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
|
Kegiatan
Inti (45 menit)
|
1. Siswa dibagikan LKS oleh
guru.
2. Siswa diberi stimulus berupa
masalah nyata sebagai pengantar mempelajari bentuk aljabar. (memahami
masalah kontekstual).
3. Siswa diminta memahami materi
tentang penaksiran dan pembulatan hasil operasi hitung dengan
bimbingan guru. (memahami masalah kontekstual).
4. Siswa diberi contoh soal tentang
bangun datar (menjelaskan masalah kontekstual).
5. Siswa lalu diminta mengerjakan
soal LKS bangun datar. (menyelesaikan masalah kontekstual).
6. Beberapa siswa diminta untuk
menyampaikan hasil pekerjaannya didepan kelas. (membandingkan dan
mendiskusikan jawaban).
7. Siswa bersama dengan guru membahas
hasil pekerjaan siswa. (membandingkan dan mendiskusikan jawaban).
8. Siswa diminta untuk menyimpulkan
materi yang telah dipelajari, kemudian guru memberikan tanggapan dan
melengkapi hasil simpulan siswa. (menegosiasikan penyelesaian
masalah)
|
Penutup
|
1. Siswa mendengarkan penjelasan guru
tentang tugas rumah supaya mempelajari materi yang akan dibahas pada
pertemuan berikutnya.
2. Siswa mengetahui materi yang akan
dipelajari selanjutnya
|
G. Media, Alat, dan Sumber Belajar
1. Media : gambar, jendela, papan tulis, atap sekolah
Alat : -
Sumber :
a. Buku teks pelajaran Matematika SD/MI Kelas IV tahun 2016
b. Dasar-Dasar Matematika Modern yang relevan.
c. Pengajaran Matematika yang relevan.
d. Ensiklopedia Matematikadan Peradaban Manusia yang relevan.
H. Penilaian
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses: Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar: Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis.
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : Penilaian Kinerja
b. Penilaian Hasil Belajar : essai singkat






0 komentar:
Posting Komentar